Situs Bersejarah: Korintus

Situs Bersejarah: Korintus
Kota Korintus

Penggalian Korintus Ini adalah pemandangan pusat kota kuno yang terlihat dari Acrocorinth (dengan lensa telefoto besar). Di sebelah kiri kolom berdiri Kuil Apollo terlihat. Di sisi kanan Jalan Lechaion dapat dilihat. Di antara keduanya (dan sedikit ke bawah) adalah agora kuno.

Kuil Apollo
Kuil Apollo 

Kota yang lebih rendah adalah lokasi Kuil Apollo sedangkan Acrocorinth didominasi oleh Kuil Aphrodite. Para penulis Yunani pada abad ke-5 dan ke-4 SM mengkarakteristikkan Korintus sebagai kota cinta komersial dan “gadis Korintus” berarti pelacur. Gereja Korintus pada zaman Paulus bergumul dengan keduniawian dan dosa seksual, keduanya merupakan ciri khas kota kosmopolitan ini. Kuil awalnya memiliki 38 kolom ordo Doric; 7 berdiri hari ini.


Bema
Bema 

Paulus menghabiskan 18 bulan di kota itu sebelum orang-orang Yahudi di kota itu menuduhnya melanggar hukum dan membawanya ke hadapan Galio di tempat pengadilan kota (bema). Penyebutan Gallio memberikan jangkar untuk kronologi Perjanjian Baru seperti yang kita tahu dari sumber-sumber Romawi bahwa Gallio adalah prokonsul dari Achaia dari 51 Juni hingga 52 Mei. Berdiri di atas platform ini, gubernur tersebut menolak tuduhan terhadap Paul sebagai perselisihan hukum Yahudi dan tidak yang bersifat kriminal.

Agora
Agora 

Di Korintus Paulus bertemu dengan Aquila dan Priscilla(Priskila), orang-orang Yahudi yang baru diusir oleh Kaisar Claudius dari Roma. Ketiganya adalah pembuat tenda (tentmakers or leather workers) dan mungkin memiliki tempat usaha di pasar komersial kota (agora). Hal ini memberikan Paulus banyak kesempatan untuk berbicara dengan pelanggan dan orang yang lewat tentang kebangkitan Kristus. Kisah Para Rasul mencatat bahwa Paulus menghabiskan setiap Sabat untuk membujuk orang Yahudi dan Yunani.
Lechaion Road

Lechaion Road 

Jalan utama ini membentang dari kota ke pelabuhan utara Lechaion, sehingga disebut demikian namanya. Jalan itu sekitar 40 kaki lebar dan termasuk trotoar dan saluran drainase. Berjalan di sepanjang jalan menunjukkan bahwa jalan itu tidak dimaksudkan untuk kendaraan roda.



Prasasti Erastus
Prasasti Erastus 

Pada tahun 1929 prasasti ini ditemukan menyebutkan Erastus sebagai orang yang membiayai trotoar jalan sebagai imbalan atas pengangkatannya sebagai petugas kota. Sangat mungkin bahwa ini adalah Erastus yang sama yang disebutkan oleh Paulus dengan mengirim salam ke gereja di Roma (Roma 16:23). Jika demikian, pengaruh Paulus tampaknya meluas ke warga Romawi yang kaya dan berpengaruh di Korintus.



Kuil Aphrodite 
Kuil Aphrodite

Acropolis Korintus dikenal sebagai Akrokorintus, dan menjulang sekitar 1800 kaki di atas dataran sekitarnya. Di puncak tertinggi adalah Kuil Aphrodite. Penafsiran bahwa ini adalah lokasi dari 1000 kuil pelacur telah ditentang. (bibleplaces)







Artikel ini telah tayang di https://diakonia.id/situs-bersejarah-korintus/ | Diakonia Indonesia


Komentar

PALING BANYAK DI BACA

Renungan Kisah Para Rasul 9:36

Ayat Renungan Harian Bulan Nopember Tahun 2020